Bolehkah Ibu Hamil Num Es? Apa Resikonya?

0 Comments
Bolehkah Ibu Hamil Num Es? Apa Resikonya?

Selama hamil, ibu diminta untuk selalu menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, termasuk asupan minuman. Wanita hamil harus minum cukup air untuk mencegah dehidrasi. Paling tidak, ibu hamil harus minum 8-12 gelas air setiap hari untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Namun, ada kalanya ibu merasa bosan dan terkadang ingin minum es saat hamil. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil minum es?

Banyak mitos yang beredar tentang pantang selama hamil, salah satunya adalah ibu hamil tidak boleh minum air es. Minum es saat hamil dikatakan bisa membuat bayi besar di dalam kandungan, sehingga akan menyulitkan sang ibu untuk melahirkan.

 

Kehamilan membuat ibu merasa gerah, sehingga terkadang minuman dingin seperti es terlihat menggoda.

 

Jadi bisakah ibu hamil minum es? Bunda, tidak boleh minum es selama hamil. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang udaranya cenderung panas, bunda mudah haus. Karena itu, minum air es bisa diminum agar ibu hamil dan janin terhindar dari risiko dehidrasi.

 

Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa ibu hamil yang minum es dapat memiliki janin yang besar. Jika janin Anda besar, itu bukan hanya karena kebiasaan sang ibu minum es saat hamil. Ada banyak faktor yang membuat anak bertambah dewasa, di antaranya:

 

  • Keturunan (genetik). Orang tua dengan tubuh besar mungkin bisa menularkannya kepada anak-anaknya.
  • Saya hamil dan mereka melahirkan bayi besar. Jika pada kehamilan sebelumnya bayi ibu sangat berat, pada kehamilan kedua juga ibu memiliki kesempatan untuk melahirkan anak yang besar.
  • Anak-anak lahir di luar HPL.
  • Saat hamil, sang ibu mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan
  • Wanita hamil menderita diabetes kehamilan. Diabetes kehamilan adalah diabetes yang hanya muncul selama kehamilan sampai kelahiran. Biasanya terjadi pada 24-28 minggu kehamilan.

 

Meski tidak dilarang, sebelum meminum es, sebaiknya ibu memastikan bahwa es yang akan dimakan dalam keadaan bersih. Es harus dibuat dengan air matang. Hindari mengonsumsi es dari air mentah karena rawan kontaminasi bakteri dan perkecambahan yang justru dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

 

Jika ingin minum minuman dengan es batu, lebih baik diminum sendiri di rumah agar bunda bisa menjamin kebersihannya. Ibu hanya bisa minum minuman dalam botol dingin. Pastikan bahwa kemasan bersih, tidak kedaluwarsa dan tidak terkontaminasi.

 

Saat hamil, wajar jika ibu sering merasa gerah saat hamil. Tak hanya di siang hari, ibu hamil kerap merasa gerah dan lebih mudah berkeringat di malam hari. Nah, minum es bisa membantu mengurangi penyakit ini.

 

Perubahan hormon estrogen, peningkatan aliran darah dan detak jantung adalah beberapa alasan ibu mudah menjadi gerah saat hamil. Selain minum air es, ada cara alami lain untuk mengatasi menggigil saat hamil.

 

Nyalakan kipas angin

 

Cara mengatasi panas terik yang pertama adalah dengan menggunakan kipas angin. Meski begitu, jauhkan dari tempat ibu duduk dan kipas angin agar ia tidak terlalu dekat.

 

Kenakan pakaian katun

 

Pakaian yang cocok selama hamil adalah pakaian yang terbuat dari bahan katun dan mudah menyerap keringat. Selain itu, pilihlah pakaian yang longgar dan lembut agar nyaman dikenakan. Perhatikan juga sprei dan selimutnya, usahakan membuatnya dengan bahan yang tidak panas.

 

Minum air yang cukup

 

Wanita hamil disarankan minum 8-12 gelas air setiap hari. Minumlah secara teratur meskipun Anda tidak haus. Jika Anda berencana bepergian, bawalah air sendiri, bisa air mineral biasa atau air es.

 

Makan makanan dan minuman yang banyak mengandung air

 

Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, seperti buah dan sayur. Bunda juga bisa mengolah buah menjadi jus agar menunya lebih variatif.

 

Wanita hamil lebih rentan mengalami dehidrasi, baik ringan maupun berat. Apalagi pada trimester 1, gangguan tidur pagi menyebabkan tubuh membutuhkan banyak cairan. Tanda paling penting dari dehidrasi adalah timbulnya rasa haus.